Tips Aman Menggunakan dan Menyimpan Tabung Oksigen Medis di Rumah

Tips Aman Menggunakan dan Menyimpan Tabung Oksigen Medis di Rumah

Penyakit pernapasan atau infeksi yang menyerang paru-paru, seperti COVID-19, dapat menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. Kondisi ini biasanya ditunjukkan dengan nilai saturasi oksigen yang rendah. Terapi pernapasan dengan tabung oksigen dapat membantu Anda yang mengalami gangguan pernapasan tapi menjalani perawatan mandiri. Namun sebelumnya, pastikan Anda mengetahui cara memakai tabung oksigen dengan aman di rumah.

Bagi Anda yang memiliki tabung oksigen di rumah, penting untuk mengetahui cara menggunakan dan menyimpan tabung oksigen medis ini dengan benar. Pasalnya, memakai dan menyimpan tabung oksigen medis di sembarang tempat bisa menimbulkan bahaya. Salah satunya adalah ledakan tabung oksigen yang dapat memicu kebakaran.

Cara Menggunakan Tabung Oksigen Medis

Selain di rumah sakit, terapi oksigen bisa dilakukan di rumah, selama penggunaannya benar. Penggunaan alat bantu pernapasan seperti tabung oksigen biasanya diperlukan oleh pasien yang mengalami sesak napas dan penurunan saturasi oksigen (kurang dari 95%). Gangguan pernapasan tersebut umumnya disebabkan oleh penyakit paru-paru seperti pneumonia, bronkitis kronis, PPOK, atau COVID-19.

Berikut ini cara menggunakan tabung oksigen di rumah:

Langkah 1 : Cek persediaan oksigen pada tabung

Anda perlu memeriksa persedian oksigen di dalam tabung. Sebelum menyentuh tabung dan selang oksigen, pastikan untuk cuci tangan dan mengeringkannya. Bila menggunakan tangki terkompresi, beri tekanan pada tabung oksigen terlebih dahulu. Ikuti petunjuk dari penyedia layanan kesehatan atau perusahaan pemasok alat medis. Periksa pengukur oksigen di tabung untuk memastikan ada cukup oksigen.

Setelah itu, pastikan kenop yang mengatur aliran oksigen disetel pada angka nol, lalu kencangkan pegangan berbentuk T (T-handle) yang terletak di paling ujung. Buka katup tabung oksigen dengan memutarnya berlawanan arah jarum jam, lakukan dalam satu putaran penuh. Saat katup terbuka, pengukur pada regulator akan menunjukkan besarnya tekanan di dalam tabung. Persediaan oksigen yang penuh angkan menunjukkan nilai 2000 psi (pon per inci persegi).

Langkah 2 : Pasang selang pada tabung oksigen

Pasangkan selang pada tabung oksigen, lalu hubungkan selang ini dengan kanula. Saat memasang selang, luruskan posisinya sehingga aliran oksigen tidak tersumbat.

Langkah 3 : Atur laju aliran atau tekanan oksigen

Setelah tabung oksigen siap untuk digunakan, atur aliran oksigen sesuai dengan kecepatan yang dianjurkan dokter atau penyedia layanan terapi oksigen. Satu hal yang penting diingat dalam cara memakai tabung oksigen dengan benar adalah hindari untuk mengubah laju aliran selama oksigen mengalir. Jika ingin mengubah laju aliran oksigen dalam pemakaian tabung selanjutnya, tetap konsultasikan pada dokter.

Langkah 4 : Pasang kanula pada hidung

Letakkan kanula di hidung, dan bernapaslah melalui hidung dengan normal. Jika tidak yakin apakah oksigen mengalir, lakukan tes sederhana. Masukkan kanula ke dalam segelas air. Bila air menggelembung, berarti oksigen mengalir.

Cara Menyimpan Tabung Oksigen yang Aman di Rumah

Tabung oksigen harus digunakan dan disimpan di area yang berventilasi baik, dan jauh dari sumber minyak, cat, pelarut atau bahan lainnya yang mudah terbakar. Berikut ini cara menyimpan tabung oksigen yang aman di rumah:

  1. Simpan tabung oksigen jauh dari sumber panas, seperti kompor gas, lilin, perapian yang menyala, dan pemanas listrik atau gas. Tabung dan sumber panas setidaknya harus berjarak atau 1,5 meter.
  2. Jaga agar tabung oksigen tetap tegak. Rapatkan tabung ke objek yang tetap agar tidak jatuh.
  3. Jauhkan cairan yang mudah terbakar dari tabung oksigen. Hindari juga mengoleskan losion yang mengandung alkohol atau gel berbasis petroleum di wajah atau dada bagian atas saat menggunakan tabung oksigen.
  4. Sebaiknya simpan tabung oksigen yang masih penuh di tempat yang berbeda dengan yang sudah kosong agar tidak membingungkan.

Itulah hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan dan menyimpan tabung oksigen medis di rumah. Bila Anda ingin membeli tabung oksigen medis, Malson Gas Jual Tabung Oksigen Medis Kecil Murah di Surabaya. Atau kunjungi website kami di tabunggasmurah.com untuk melihat detail produk tabung oksigen medis yang kami jual.

Baca juga: