adplus-dvertising


Ketahui 11 Tips Membeli Rumah Idaman untuk Pemula agar Tidak Kecewa

Ketahui Tips Membeli Rumah Idaman untuk Pemula agar Tidak Kecewa

Rumah hunian atau tempat tinggal merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang. Memiliki rumah idaman yang nyaman adalah impian dan harapan yang perlu Anda wujudkan.

Anda bisa membangun rumah mulai dari nol, atau bisa juga menggunakan jalan lain, yakni membeli rumah yang sudah jadi. Hanya saja, membeli rumah bukanlah perkara mudah yang bisa Anda lakukan dengan sembarangan.

Banyak hal yang harus Anda pertimbangkan dan perlu untuk direncanakan serta disiapkan dengan matang sebelum memutuskan membeli rumah. Terlebih lagi bagi Anda yang masih awam atau pemula, termasuk Anda pasangan atau keluarga muda. Hal ini diperlukan agar Anda tidak menyesal nantinya.

Pasalnya, membeli rumah bukan untuk ditempati dalam jangkau waktu singkat, sehari ataupun seminggu. Sehingga harus dipersiapkan dengan baik.

Tips Aman Membeli Rumah untuk Pemula

Tips Aman Membeli Rumah untuk Pemula

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebagai pemula ketika hendak membeli rumah idaman yang nyaman, agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

1. Diskusikan dengan Pasangan

Jika Anda baru saja menikah, maka sebaiknya Anda berdiskusi dan mempertimbangkan segala sesuatunya dengan pasangan Anda. Termasuk dalam hal rencana pembelian rumah. Sebab, Anda juga harus mempertimbangkan berapa dana atau bujet yang dimiliki untuk membeli rumah.

Jangan sampai Anda mengambil keputusan penting ini tanpa melibatkan pasangan Anda sama sekali. Setelah semuanya mantab dan yakin, barulah Anda membahas detailnya lebih lanjut.

2. Perhitungkan Kebutuhan Keluarga

Selanjutnya, mulailah untuk menghitung kebutuhan rumah untuk keluarga Anda. Adapun kebutuhan keluarga yang dimaksud di sini adalah jumlah kamar yang Anda butuhkan. Tentu saja hal ini juga harus disesuaikan dengan rencana jumlah anak yang ingin Anda miliki.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan mengenai halamannya, apakah Anda mengharapkan halaman yang luas, keinginan untuk memiliki taman, perlukah untuk memiliki garasi atau tidak, serta hal lainnya yang sekiranya Anda butuhkan dari detail rumah Anda tersebut.

3. Lokasi & Akses Rumah

Tips membeli rumah untuk Anda para pemula yang ketiga adalah mempertimbangkan lokasi dan juga akses rumah yang akan Anda beli. Jika Anda seorang pekerja kantoran, maka sebaiknya Anda pilih lokasi rumah yang dekat dengan kantor di mana Anda bekerja.

Hal ini untuk memudahkan Anda jika harus pergi ke kantor, dan bisa menghemat biaya pengeluaran untuk kebutuhan transportasi. Selain itu, perhatikan juga akses dari rumah tersebut.

Akan sangat menguntungkan jika Anda memilih rumah yang lokasinya dengan beragam akses seperti stasiun, terminat ataupun halte bus, sehingga Anda dan keluarga dapat bepergian dengan mudah.

4. Lihat Fasilitas Sekitar Rumah

Selain lokasi, Anda juga harus memperhatikan fasilitas yang ada di sekitar rumah sebagai bahan pertimbangan dalam membeli rumah. Hal ini akan sangat memudahkan Anda nantinya.

Sebaiknya Anda membeli rumah yang di sekitarnya mudah Anda temukan beragam fasilitas publik yang sering dibutuhkan, mulai dari minimarket atau supermarket, sekolahan untuk anak Anda, ATM, hingga rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya.

5. Perhatikan Kesehatan Rumah

Faktor penting lainnya yang juga harus dipertimbangkan saat hendak membeli rumah bagi pemula adalah kenyamanan dan kesehatan rumah itu sendiri bagi seluruh penghuninya.

Pastikan rumah tersebut memiliki ventilasi dan jendela yang cukup sehingga pergantian udara dapat terjadi dengan lancar. Selain itu juga cahaya matahari dapat masuk dengan baik.

Perhatikan juga sistem drainase dan selokan di sekitar rumah serta pengelolaan sampah di lingkungan tersebut.

6. Jangan Lupakan Keamanan Lingkungan Sekitar Rumah

Hal lainnya yang perlu Anda perhatikan selain kesehatan rumah adalah keamanan di lingkungan sekitarnya. Sebaiknya hindari membeli rumah di kawasan yang rawan tindak kriminal, tawuran dan rawan terjadinya bencana alam, misalnya banjir.

7. Desain Rumah Sesuai Keinginan & Kebutuhan

Kenyamanan sebuah rumah hunian juga ditentukan dengan kecocokan Anda dengan desain rumah tersebut. Agar Anda puas dan tidak menyesal, sebaiknya Anda membeli rumah dengan desain yang sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.

Sebab, jika Anda tidak nyaman tinggal di rumah tersebut akibat desainnya yang tidak sesuai, maka Anda akan mudah merasa bosan dan penuh penyesalan.

8. Spesifikasi & Kualitas Material yang Digunakan

Sebagai pembeli rumah yang masih awam, sebaiknya anda menanyakan kepada pemilik rumah atau developer rumah tersebut terkait spesifikasi material yang digunakan.

Hal ini perlu Anda lakukan agar Anda bisa menilai apakah ruamh tersebut layak Anda beli mengingat faktor keawetannya kelak sehubungan dengan jenis dan kualitas material yang digunakan.

9. Harga & Fasilitas Rumah yang Sepadan

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, sebaiknya Anda melakukan survey terkait harga rumah dan fasilitas yang ditawarkan di kawasan tersebut. Hal ini bertujuan agar Anda mendapatkan arga rumah yang sepadan dengan fasilitasnya.

10. Rencana Masa Depan

Ketika membeli rumah, Anda juga harus mempertimbangkan rencana di masa depan. Maksudnya, jika rumah tersebut rencananya untuk Anda huni dalam waktu yang lama atau bahkan seumur hidup, Anda juga perlu memikirkan apakah kelak akan direnovasi untuk menambah ruangan atau kamar.

Selain itu, jika rumah tersebut juga Anda gunakan sebagai instrumen investasi, maka Anda juga harus mempertimbangkan seraa menganalisis potensi perkembangan harganya kelak, agar Anda tidak mengalami kerugian.

11. Berburu Rumah di Website Properti

Saat ini mencari rumah bukanlah perkara yang sulit. Anda bisa memanfaatkan website properti untuk mendapatkan rumah idaman sesuai impian Anda. Salah satunya adalah melalui situs Rumah.com.

Ada banyak rumah yang dilisting di website tersebut. Misalnya saja jika Anda ingin mencari rumah yang ada di kawasan Buahbatu, Bandung, maka Anda dapat mengunjungi halaman ini https://www.rumah.com/rumah-dijual/di-area-buahbatu-idjb01022.