4 Tips Merawat Karpet Badminton yang Perlu Diperhatikan agar Awet dan Tahan Lama

Tips Merawat Karpet Badminton yang Perlu Diperhatikan agar Awet dan Tahan Lama

Di sebuah lapangan bulutangkis (badminton), pasti ada yang namanya karpet badminton. Tentu Anda sudah mengetahui bahwa karpet badminton memiliki peranan yang penting dalam melancarkan sebuah pertandingan. Karena itulah ketika menyiapkan lapangan badminton, Anda tidka boleh sembarangan dalam memilih karpet badminton. Pastikan Anda menggunakan karpet badminton yang memiliki kualitas tinggi.

Namun yang perlu Anda ingat, menggunakan karpet badminton yang berkualitas saja itu belum cukup. Sebaik apapun karpet badminton yang Anda gunakan, tetap saja harus dirawat secara teratur dengan sebaik-baiknya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagai kepada akan mengenai berbagai tips dan hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam rangka perawatan karpet badminton. Hal ini bertujuan agar karpet badminton semakin awet dan tahan lama.

Selain itu, dengan perawatan yang baik dan benar, maka karpet badminton akan memberikan peranan yang besar dalam kesuksesan serta kelancaran ketika digunakan untuk pertandingan badminton.

Tips Merawat Karpet Badminton

Berikut ini adalah beberapa tips dalam merawat karpet badminton yang bisa Anda lakukan.

1. Perawatan Rutin Harian

Tips perawatan karpet badminton adalah agar Anda selalu merawatnya secara rutin setiap hari. Perawatan harian ini bisa Anda lakukan dengan cara menyingkirkan kotoran, baik itu debu maupun kotoran lainnya. Salah satunya adalah benda yang menempel atau lengket di karpet badminton, misalnya saja permen karet dan selotip.

Ketika membersihkannya, Anda harus melakukannya dengan sangat hati-hati dan juga lembut. Hal ini diperlukan agar permukaan karpet badminton tidak tergores dan rusak.

Selain itu, pel seluruh permukaan karpet badminton di dalam ruangan (indoor) dengan menggunakan kain pel microfiber. Kain pel jenis ini memang dirancang untuk penggunaan lapangan bulutangkis indoor. Jangan sekali-kali Anda memakai kain pel lantai biasa karena berpotensi meninggalkan sisa kotoran dan berbekas di karpet badminton.

2. Gunakan Alat & Bahan Pembersih yang Tepat

Ketika membersihkan karpet badminton, pastikan Anda menggunakan bahan dan alat yang tepat. Jangan sembarangan menggunakan pembersih, misalnya Anda gunakan pembersih yang mengandung bahan kimia yang sangat kuat seperti amonia. Hal ini dapat merusak permukaan karpet badminton.

Maka dari itu gunakanlah pembersih lantai sesuai dengan kebutuhan dan saran pembuat karpet badminton. Misalnya saja ketika Anda membersihkan permukaan karpet sintetis, maka Anda bisa menggunakan scrubber otomatis dibantu dengan larutan pembersih lantai sesuai dengan apa yang disarankan oleh pembuat karpet badminton tersebut. Agar tidak terjadi kebocoran asam, maka pastikan baterai scrubber sudah terisi penuh.

Cara di atas hanya cocok untuk karpet badminton sintetis. Sedangkan untuk karpet badminton dari kayu, jangan Anda gunakan scrubber otomatis.

3. Pembersihan Karpet untuk Acara Khusus

Di samping Anda lakukan perawatan harian secara rutin, Anda juga perlu melakukan perawatan lainnya khususnya ketika lapangan badminton akan digunakan untuk pertandingan turnamen, lomba dan acara penting lainnya.

Jangan lupa untuk melakukan perawatan sebelum dan sedudah lapangan tersebut digunakan. Anda bisa mengepel lantainya dengan menggunakan bahan cuka putih atau alkohol. Lakukan dengan mengepel lantai ke satu arah. Cara ini bertujuan agar lantainya tetap kemilau.

4. Perawatan untuk Karpet Kayu

Cara berbeda dilakukan untuk merawat lantai lapangan badminton yang dilapisi kayu. Agar lantai kayu tetap awet, Anda perlu mengamplasnya setiap 2 atau 3 tahun sekali. Selain membuat lantai terlihat bersih dan segar, hal ini bertujuan untuk mengembalikan kekasaran lantai sehingga pemain yang berlaga di atas akan mendapatkan grip yang baik.

Demikianlah beberapa tips yang dapat kami bagikan seputar cara perawatan karpet badminton. Jika Anda membutuhkan harga karpet badminton yang terjangkau dan berkualitas, Anda bisa mempercayakannya kepada Raga Sport Floring.

Baca juga: