adplus-dvertising


Ketahui 5 Jenis Media Pemasaran Online untuk Mendongkrak Bisnis Anda

Jenis Media Pemasaran Online untuk Mendongkrak Bisnis Anda

Marketing atau pemasaran merupakan sesuatu yang penting dalam dunia usaha atau bisnis. Strategi dan cara pemasaran pun ada beberapa jenis. Salah satunya adalah pemasaran secara online.

Diakui atau tidak, pemasaran secara online atau juga dikenal dengan online marketing bukanlah hal baru dalam dunia bisnis. Pasalnya, sudah banyak orang yang mempraktikkannya, bahkan di internet pun sudah banyak bertebaran info pemasaran online yang bisa Anda baca dan pelajari.

Namun bagi Anda yang masih pemula, pemasaran online bisa jadi merupakan hal baru dan cukup membingungkan. Bagaimana pun juga, di era yang sudah serba canggih ini, Anda perlu menguasai cara-cara pemasaran online yang efektif.

Terlebih lagi, banyak bisnis yang awalnya hanya melayani konsumen secara offline, pada akhirnya harus mau merambah dan melayani pelanggan secara online, agar dapat terus survive dari kerasnya persaingan bisnis.

Beragam Media Pemasaran Online

Beragam Media Pemasaran Online

Berbicara tentang pemasaran online, maka tidak bisa dilepaskan dengan media atau sarana yang digunakan untuk pemasaran itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa media yang bisa digunakan sebagai bagian dari pemasaran online.

1. Website Bisnis Online

Media pemasaran online yang utama saat ini adalah website bisnis online. Dalam hal ini bisa website perusahaan, bisnis, hingga toko online jika Anda adalah pelaku online shop.

Dengan memiliki website bisnis, Anda akan dapat meningkatkan branding bisnis Anda, sekaligus melebarkan sayap guna memperluas pangsa pasar atau menambah pelanggan (pengguna) dari bisnis yang Anda miliki.

Dalam membangun website, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Mulai dari pemilihan nama domain yang tepat sesuai dengan nama bisnis Anda, hosting yang mumpuni, desain dan tampilan yang menarik dengan user interface yang memudahkan pengunjung, hingga optimasi mesin pencari (SEO) agar website bisnis Anda mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan lainnya.

2. Media Sosial

Media untuk pemasaran online yang kedua adalah melalui media sosial. Saat ini sudah ada banyak kanal sosial media yang bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan dan mempromosikan bisnis Anda.

Minimal Anda menggunakan satu atau beberapa sosial media untuk membuat akun untuk bisnis Anda. Sebut saja facebook, instagram, hingga twitter. Dengan memiliki akun sosial media ini, bisnis Anda akan mampu menjangkau lebih banyak calon konsumen.

3. YouTube & TikTok

Bagi sebagian orang, YouTube dan TikTok mungkin lebih sering digunakan untuk mencari hiburan dan bersenang-senang. Namun jika Anda jeli, kedua kanal berbasis video tersebut juga sangat berpotensi untuk digunakan sebagai media pemasaran online yang efektif serta efisien.

4. Forum & Group Online

Media pemasaran online yang bisa Anda coba selanjutnya adalah melalui jaringan komunitas, group dan forum online. Yang perlu Anda perhatikan adalah memastikan bahwa grup dan forum yang Anda gunakan memiliki tema atau kategori yang sesuai dengan jenis bisnis Anda.

5. Iklan Berbayar

Jika Anda memiliki cukup modal, Anda juga bisa menggunnakan layanan iklan berbayar untuk meningkatkan jangkaun dan omzet bisnis Anda. Saat ini ada beragam layanan iklan berbayar yang bisa Anda gunakan sebagai bagian dari upaya pemasaran online. Mulai dari Google Ads, Facebook Ads, TikTok Ads, dan masih banyak lagi.

Demikianlah sekelumit informasi mengenai media pemasaran secara online yang perlu Anda ketahui. Sementara itu, untuk teknik dan strategi serta info pemasaran lainnya bisa Anda baca lebih banyak di website DariBerita.com.