10 Alasan Pentingnya Pembukuan Laporan Keuangan bagi UMKM di Indonesia

Alasan Pentingnya Pembukuan Laporan Keuangan bagi UMKM di Indonesia

Semua usaha membutuhkan pembukuan, sekecil apapun usaha tersebut termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Mengapa penting? Pembukuan menjadikan laporan keuangan perusahaan lebih terstruktur. Dengan laporan keuangan yang terstruktur pemilik dapat mengamati perkembangan dan melihat potensi kedepannya.

Tanpa melihat laporan keuangan akan sulit melihat apakah usaha yang dijalankan berkembang dan berpotensi besar kedepannya. Dengan laporan keuangan yang terstrukur dan terbaca potensinya Anda dapat menentukan strategi pengembangan lebih lanjut yang tentunya dengan biaya yang sesuai seperti yang tercatat dalam laporan. Jadi pembukuan juga merupakan kunci penting sukses dan berkembangnya suatu UMKM selain strategi marketing dan pengembangan produk.

Pentingnya Pembukuan Laporan Keuangan bagi UMKM

Untuk lebih mengetahui seberapa penting pembukuan dan pembuatan laporan keuangan bagi UMKM, berikut adalah pembahasan lengkap mengenai fungsi penting laporan keuangan bagi UMKM:

1. Mengetahui Jumlah Transaksi

Manusia memiliki kemampuan otak yang terbatas dalam mengingat. Itulah mengapa sebaiknya jika anda menjalankan suatu UMKM sebaiknya anda mencatat semua transaksi yang terjadi.

Jika Anda membuat pembukuan dengan benar dan rapi. Anda dapat melihat semua transaksi yang masuk dan keluar dalam menjalankan usaha Anda. Pencatatan yang rapi juga memudahkan Anda dalam mencocokkan kondisi uang riil dengan yang ada berdasarkan catatan.

2. Mengetahui Jumlah Keuntungan & Kerugian

Pembukuan yang anda lakukan mencatat temua jenis transaksi yang terjadi, baik transaksi masuk maupun keluar, debit maupun kredit. Dengan pencatatan yang rinci Anda dapat lebih mudah menghitung keuntungan ataupun kerugian dalam usaha yang dijalankan. Dengan pencatatan keuangan yang tertib dan rapi Anda dapat melihat keuntungan dan kerugian UMKM yang Anda jalankan dengan lebih cepat dan akurat.

3. Sebagai Alat Penilaian

Pembukuan laporan keuangan bagi UMKM juga dapat digunakan sebagai alat penilaian. Penilaian yang dimaksud adalah mengenai segala jenis transaksi yang terjadi saat menjalankan usaha dan mengetahui jumlah keuntungan serta kerugian. Dengan pembukuan yang tersusun rapi anda dapat menilai apakah anda usaha anda berkembang sukses atau tidak.

Penilaian ini dapat dilihat melalui laporan yang anda buat, berapa jumlah barang yang terjual, berapa besarnya uang masuk dan berapa besar pengeluaran anda selama menjalankan usaha. Semua hal ini dapat dilihat dan diamati dengan mudah dalam pembukuan.

4. Membantu dalam Pengambilan Keputusan

Berdasarkan penilaian yang telah Anda lakukan dengan melihat pembukuan dan laporan keuangan usaha Anda. Anda akan lebih mudah untuk mengambil keputusan serta mengukur risiko yang akan anda tanggung dengan keputusan tersebut. Laporan keuangan yang teratur juga memungkinkan Anda untuk membuat lebih dari satu strategi dengan pemetaan potensi dan risiko lebih detai untuk setiap strateginya.

5. Sebagai Perencana Usaha ke Depan

Setelah semua transaksi Anda tercatat dengan baik dan Anda sudah dapat menilai seberapa sukses dan potensialnya UMKM yang Anda jalankan. Berikutnya Anda dapat mulai merencanakan masa depan usaha anda. Berdasarka laporan keuangan yang Anda buat Anda dapat melihat berapa besar keuntungan Anda dan berapa besar pengeluaran Anda. Berdasarkan semua catatan tersebut Anda akan lebih mudah merencanakan strategi usaha anda untuk periode berikutnya.

6. Mudah dalam Mengontrol Biaya

Semua pengeluaran yang tercatat dalam pembukuan, baik untuk produksi ataupun operasional akan membantu Anda untuk menentukan besaran harga produksi. Dari nilai ini Anda akan lebih mudah menentukan harga jual dan memperkirakan keuntungan.

7. Mengetahui Jumlah Modal, Aset & Hutang

Fungsi penting pembukuan UMKM berikutnya adalah untuk mengetahui jumlah aset, modal dan juga besaran hutang yang dimiliki. Dalam pembukuan dan pembuatan laporan keuangan pergerakan aset, modal, dan hutang tercatat dan dapat dipantau dengan jelas.

8. Mudah dalam Penghitungan Pajak

Setiap usaha termasuk UMKM memiliki kewajiban untuk membayar pajak. Agar tidak terjadi kesalahan saat penghitungan besaran pajak yang harus Anda bayarkan, penghitungan pendapatan Anda juga harus tepat. Dengan melakukan pembukuan maka kesalahan pencatatan pendapatan akan lebih kecil sehingga lebih mudah utuk penghitungan jumlah pajak yang harus dibayar.

9. Informasi untuk Manajemen

Untuk memperbesar UMKM yang Anda kelola, mungkin Anda memerlukan investor. Pembukuan dan laporan keuangan akan memudahkan investor ataupun calon investor untuk menilai usaha Anda. Biasanya para calon investor akan dapat melihat potensi dan peluag usaha anda dari leporan keuangan Anda. Begitupula dengan investor yang sudah bergabung, mereka dapat menilai apakah UMKM yang anda jalankan masih berpotensi untuk periode berikutnya.

10. Mudah untuk Mendapat Pinjaman Bank

Yang terakhir adalah, pembukuan akan membantu anda jika ingin mendapat pinjaman modal dari bank. Tidak semua pengusaha tertarik menggunakan investor sebagai sumber tambahan modal. Beberapa pengusaha memilih menggunakan pinjaman bank. Berdasarkan laporan keuangan UMKM anda bank akan menilai dan melihat apakah memang layak untuk mendapat pinjaman dari bank atau tidak.

Setelah dibahas betapa pentingnya pembukuan dan laporan keuangan bagi UMKM, tentunya Anda mulai mempertimbangkan untuk membuat dan merapikan pembukuan UMKM Anda. Dalam hal ini Anda bisa mencoba aplikasi komputer akuntansi untuk memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan.