6 Tips Memilih Keramik Lantai Rumah Minimalis yang Perlu Diperhatikan

Tips Memilih Keramik Lantai Rumah Minimalis yang Perlu Diperhatikan

Semakin sempitnya lahan menjadikan harga rumah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Membuat rumah dengan konsep minimalis merupakan salah satu solusi, karena lebih hemat lahan dan juga harganya menjadi lebih terjangkau.

Meskipun Anda memiliki rumah minimalis dengan lahan terbatas, Anda bisa mengakalinya dengan memilih warna dan desain interior yang tepat, sehingga rumah Anda akan terlihat lebih luas.

Selain itu, pemilihan perabot yang pas, pemilihan keramik yang tepat juga akan menjadikan rumah minimalis Anda tampak lebih luas dan juga terkesan lebih mewah, namun juga tidak berlebihan.

Tips Memilih Keramik untuk Rumah Minimalis

Memilih keramik mungkin terlihat sepele dan mudah dilakukan. Namun nyatanya Anda tidak bisa melakukannya secara sembarangan. Terlebih lagi jika Anda hendak membeli keramik untuk rumah minimalis, tentu saja akan lebih sulit lagi.

Bagi Anda yang ingin memilih keramik yang tepat untuk rumah minimalis Anda, inilah beberapa tips yang dapat Anda pelajari.

1. Pilih Ukuran Keramik yang Tepat

Tips memilih lantai yang tepat untuk rumah minimalis yang paling utama adalah, memilih ukuran keramik yang tepat. Penyesuaian ukuran ruagan dengan ukuran keramik, bisa memberi kesan rumah lebih luas.

Untuk rumah minimalis dengan ruangan yang cenderung sempit, sebaiknya gunakan saja keramik ukuran standar yaitu sekitar 40 x 40cm. Atau jika budget Anda cukup besar, maka Anda dapat memesan keramik yang bersambung, atau tidak terputus. Keramik jenis ini akan memberikan kesan ruangan yang lebih luas.

2. Gunakan Motif Sederhana

Bagi Anda yang lebih menyukai keramik bermotif, sebaiknya Anda memilih keramik dengan motif simpel. Motif yang simpel ini akan lebih menonjolkan kesan minimalis pada rumah Anda. Keramik bermotif ini bisa Anda aplikasikan pada ruang makan, ruang tamu atau kamar tidur.

Pilihan motif kotak atau garis yang simpel adalah pilihan yang paling tepat. Pastikan juga motifnya senada dengan dinding rumah, sehingga rumah Anda tetap nampak luas dan terkesan lega.

3. Pilih Warna Keramik yang Tepat

Pilihan warna keramik yang tepat juga akan semakin menonjolkan tema minimalis, sekaligus memberikan kesan luas pada ruangan. Pilihan warna paling tepat adalah menyesuaikan dengan warna cat dinding dan juga furniture yang akan Anda gunakan.

Jika Anda menginginkan warna yang lebih berani, Anda bisa mencoba warna yang berbeda dengan warna dinding. Namun masih tetap satu tone dengan furniture. Warna yang paling tepat adalah warna terang dengan tone yang lembut.

4. Perhatikan Permukaan Lantai

Selain pemilihan warna dan motif, Anda juga harus memperhatikan segi keamanan. Untuk kamar mandi, car port dan juga laundry room Anda sebaiknya memilih keramik dengan permukaan kasar. Hal ini dilakukan agar lantai tidak licin dan juga aman.

5. Pilih Bahan Keramik yang Kuat

Tips berikutnya dalam emilh keramik adalah memperhatikan bahan dan kualitasnya. Sebaiknya pilih keramik dengan bahan yang kuat. Mungkin akan sedikit mahal pada saat pemasangan.

Namun keramik dengan bahan yang kuat akan bertahan lebih lama. Sehingga dapat menghemat biaya renovasi. Untuk kualitas material ini Anda dapat memesan khusus pada kontraktor. Tentunya dengan memberikan sampel terlebih dahulu untuk memastikan kualitas barang tersebut.

6. Sesuaikan dengan Budget

Tips yang keenam juga sangat penting, yaitu tetap menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Jika keramik yang benar-benar sesuai dengan spesifikasi yang Anda inginkan terlalu mahal, sebaiknya konsultasikan dengan kontraktor untuk mendapatkan solusi terbaik.

Itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin memilih keramik untuk lantai rumah minimalis. Jika Anda tertarik untuk membaca beragam artikel tentang rumah idaman, maka Anda bisa mengunjungi blog Mamikos.com.

Baca juga: