Kenali Penyebab dan Gejala untuk Menentukan Obat Demam

Kenali Penyebab dan Gejala untuk Menentukan Obat Demam

Obat demam menjadi produk yang seringkali dijual bebas di pasaran. Meskipun begitu, Anda harus mengenali apa penyebabnya terlebih dahulu agar tidak salah memilih dalam memilih obat demam. Jika hal ini terjadi, bisa-bisa gangguan kesehatan tersebut akan lebih parah dirasakan.

Apa Saja Penyebab Demam?

Demam sendiri merupakan keluhan yang umum dialami oleh kebanyakan orang terutama bagi anak-anak. Biasanya ditandai dengan suhu tubuh melebihi normal sebagai respon akibat adanya serangan bakteri, virus dan parasite. Maka dari itu, penyebabnya pun juga beragam.

Dengan banyaknya penyebab yang bisa menimbulkan demam pada tubuh, Anda perlu mengetahuinya terlebih dahulu sebelum menentukan apa obatnya. Pada umumnya keadaan ini ditandai jika penderita merasakan kedinginan dengan tubuh menggigil.

Beberapa penyebab yang seringkali dialami adalah terserang infeksi seperti flu, cacar air, pneumonia ataupu sakit tenggorokan. Bahkan efek samping dari konsumsi obat juga bisa menjadi alasannya. Selain itu, gangguan ini dapat disebabkan karena ketidakseimbangan hormon seperti tiroid.

Kenali Gejala Demam

Gejala demam sendiri pada dasarnya ditandai dengan penderita merasakan beberapa kondisi seperti menggigil, keringat dingin, batuk, dehidrasi, nyeri kepala, sakit tenggorokan, diare, muntah, pegal-pegal, penurunan nafsu makan bahkan mengganggu aktivitas penderita seharian.

Apabila demam bisa diderita lebih dari sehari, maka alangkah lebih baik untuk dikonsultasikan ke dokter. Bahkan hal ini harus dilakuka jika penderita sudah tidak kuat lagi pergi beraktivitas seperti biasanya seperti makan, pergi ke toilet, berjalan dan lainnya.

Beberapa kasus lainnya memungkinkan jika pada usia anak-anak sampai 5 tahun dapat dijumpai hingga mereka mengalami kejang. Anda harus memeriksakannya kepada dokter apabila demam tidak kunjung membaik dan melebihi dari suhu 38 derajat celcius.

Cara Pengobatan Demam

Sakit kepala dan juga demam bisa juga disebabkan karena pola hidup kurang sehat seperti kebiasaan merokok, konsumsi alkohol terlalu sering, kurang asupan makanan bergizi ataupun istirahat tidak optimal. Seluruh penyebab tersebut dapat menjadi alasan mengapa gangguan tersebut dialami.

Akan tetapi jika Anda sudah mengubah asupan makan, minum banyak air putih atau pola tidur menjadi lebih baik namun demam tidak kunjung mereda, maka sebaiknya konsumsilah obat demam sesuai dengan anjuran dokter. Hal ini menjadi satu-satunya cara untuk menyembuhkannya.

Namun sebelum membelinya, Anda juga harus memperhatikan untuk siapa obat demam tersebut dikonsumsi. Beda usia tentunya dosis dan takarannya juga tidak sama. Maka dari itu, tanyakan dahulu secara jelas kepada apoteker saat memilihnya.

Tips Memilih Obat Demam

Selain istirahat cukup dan konsumsi air putih yang banyak, demam juga bisa disembuhkan dengan meminum obat sesuai anjuran. Beberapa di antaranya adalah ibuprofen dan paracetamol. Namun hindari untuk membelinya tanpa memperhatikan aturannya.

Contohnya adalah Aspirin cocok untuk dikonsumsi orang dewasa namun tidak diperkenankan bagi anak-anak. Apabila demam disebabkan karena adanya infeksi bakteri, maka dokter bisa memberikan antibiotik.

Jika Anda tidak memperiksakannya ke dokter terlebih dahulu, maka pastikan bahwa pembelian obat demam sudah sesuai dengan aturan yang ada. Perhatikan mengenai izin edar dan termasuk produk berkualitas seperti Panadol, Termorex, Inza dan lainnya.

Banyak sekali obat demam yang dijual di pasaran. Hal ini bisa membuat orang-orang kebingungan membelinya. Bahkan tidak sedikit dari mereka masih belum mengetahui secara pasti bagaimana cara memilihnya dengan tepat.

Namun Anda bisa menggunakan Halodoc untuk menentukan dan membeli obat demam sesuai kebutuhan. Tidak hanya melalui aplikasi, layanan ini juga dapat diakses melalui website resmi. Selain itu, pembelian juga bisa dilakukan dengan mudah lewat berbagai metode pembayaran.

Tags:
Baca juga: