Mau Beli Motor Bekas? Perhatikan 7 Tips Ini agar Anda Tidak Kecewa!

Mau Beli Motor Bekas Perhatikan Tips Ini agar Anda Tidak Kecewa

Biaya perawatan yang cenderung murah, mudah digunakan dalam segala medan dan harganya yang cukup terjangkau, menjadikan permintaan akan sepeda motor terus meningkat dari tahun ke tahun. Tidak hanya motor baru, permintaan pasar terhadap motor bekas juga terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Permintaan terhadap motor bekas yang terus melonjak menjadikan suatu peluang bagi oknum tertentu untuk melakukan kecurangan. Motor bekas dengan kualitas buruk dipoles dan dipermak kanan kiri untuk menutupi kekurangannya dan dijual dengan harga yang jauh lebih mahal.

Terkadang banyak pertimbangaan tersendiri yang menjadikan Anda lebih memilih motor bekas dibanding motor baru. Namun di sisi lain muncul kebimbangan untuk membeli motor bekas karena khawatir akaan ditipu dan tidak mendapat motor yang sesuai dengan harga yang ditawarkan. Untuk mengatasi hal tersebut seharusnya Anda lebih teliti saat meimilih motor bekas.

Tips Membeli Motor Bekas

Kali ini akan kita bahas beberapa tips penting saat Anda memutuskan untuk membeli sepeda motor bekas. Setidaknya ada 7 hal yang harus Anda perhatikan, antara lain:

1. Carilah Motor Sesuai dengan Anggaran yang Anda Miliki

Biasanya seseorang memilih motor bekas dengan alasan utama menyesuaikaan kemampuaan keuangan. Hindari berekspektasi terlalu tinggi karena yang Anda beli adalah motor bekas yang tentu saja tampilan serta performanya dibawah motor baru.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Starter Motor yang Rusak dengan Mudah & Cepat

2. Menentukan Tujuan Utama Membeli Motor

Setelah memastikan anggaran Anda harus memikirkan tujuan utama pembelian motor tersebut. Apakah untuk dipakai sehari-hari atau untuk berjualan atau ojek. Memastikan tujuan utama ini akan menjadikan Anda lebih bijak dalam memilih jenis motor yang akan Anda beli nantinya.

3. Memilih Jenis Motor yang Hendak Dibeli

Sebelum mendatangi gerai motor bekas hal yang harus Anda lakukan berikutnya adalah menentukan jenis motor yang akan Anda beli apakah matic atau bebek. Akan lebih baik jika Anda sudah memiliki beberapa opsi pilihan untuk merk dan tipe motor yang Anda inginkan dan sesuai budget anda. Hal ini akan memudahkan Anda memilih dan menghindarkan Anda dari iming-iming penjual agar membeli motor lain yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

4. Mencari Informasi Spesifikasi Motor yang Diinginkan secara Lengkap

Setelah menentukan motor yang diinginkan, carilah informasi sebanyak mungkin tentang spesifikasi lengkap dari motor yang akan Anda beli. Anda bida mencari info tentang performa motor, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, serta jangan lupakan informasi tentang perawatan dan pemakaian bahan bakarnya.

Simak Juga: Cara Menyetel Karbu RX King dengan Mudah & Cepat, Tanpa ke Bengkel

5. Mengecek Harga Pasar dari Motor yang Ingin Dibeli

Setelah paham dengan spesifikasinya, pastikan Anda mendapat informasi yang tepat tentang harga second motor yang Anda inginkan, jika sudah sesuai dengan budget Anda bisa melanjutkan langkah berikutnya yaitu menuju dealer.

6. Pastikan Anda Membeli di Dealer Motor Bekas yang Kredibel dan Tepercaya

Dealer motor bekas saat ini mudah sekali ditemukan. Lengkap dengan berbagai promo menarik, tawaran kredit dan berbagai tawaran menarik lainnya. Pastikan dealernya kredibel dan terpercaya, dengan modal info spesifikasi dan harga yang sudah Anda miliki akan melindungi Anda dari peluang membeli motor bekas dengan harga yang terlalu tinggi.

7. Merunut Riwayat Motor Bekas yang Hendak Anda Beli

Setelah harga dan spesifikasi sesuai Anda harus cermmat memastikan bahwa motor tersebut tidak bermasalah seperti: curian, sitaan bahkan barang jaminan. Belilah motor ketika semua surat lengkap. Pastikan juga apakah motor tersebut pernah mengalami kerusakan parah seperti benturan dan sebagainya. Pentingnya mencari dealer yang terpercaya adalah Anda akan mudah mendapatkan semua informasi di atas jika menggunakan dealer morot bekas terpercaya.

Jangan Lewatkan: Fungsi Pilot Jet & Main Jet pada Sepeda Motor yang Perlu Diketahui

Semoga bebrapa tips di atas dapat membantu Anda memilih motor bekas yang sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan kemampuan Anda.