4 Cara Memperbaiki Starter Motor yang Rusak dengan Mudah & Cepat

Cara Memperbaiki Starter Motor Rusak dengan Mudah Cepat tanpa ke Bengkel

Berbagai tips bagaimana cara mudah untuk mengatasi starter motor yang rusak dan bermasalah. Berbicara mengenai starter pada sebuah kendaraan, kali ini kami akan sedikit membahas atau memberikan info kepada sobat semua tentang cara memperbaiki starter motor yang rusak yang mungkin bisa berguna untuk sobat LEBAHNDUT.NET semuanya para pecinta dunia otomotif.

Starter Motor

Sebagaimana yang sudah sobat katahui bersama, starter merupakan salah satu komponen paling penting bagi sebuah kendaraan, terutama sepeda motor. Starter berfungsi sebagai pemutar poros engkol (fly wheel) pertama kali sehingga mesin dapat dihidupkan, tentunya dengan memakai starter maka akan menjadi lebih efisien dari pada memakai tenaga manual atau tenaga manusia.

Starter sendiri ada dua tipe yang berbeda, yaitu electric starter dan kick starter. Jika starter motor yang sobat miliki tidak berfungsi atau mengalami kerusakan dan motor sobat sudah dilengkapi dengan kick starter, mungkin tidak jadi masalah. Sebab, dengan adanya kick starter sobat masih dapat menghidupkan mesin dengan cara diengkol atau diselah.

Baca Juga: Cara Menyetel Karbu RX King dengan Mudah & Cepat, Tanpa ke Bengkel

Akan tetapi, sekarang ini sudah banyak keluaran motor motor terbaru yang tidak dilengkapi dengan kick starter, lalu jika mengalami masalah pada bagian starter yang menyebabkan mesin tidak dapat dihidupkan. Dan salah satu solusi terbaiknya yaitu dengan cara mendorong motor tersebut, hal ini tentu saja sangat merepotkan sobat karena harus memperbaikinya ke bengkel.

Penyebab Starter Motor Rusak

Nah, untuk dapat memperbaiki starter motor yang tidak berfungsi, tentu sobat harus mengetahui terlebih dulu apa penyebab awal dari kerusakan starter motor tersebut agar sobat tahu titik permasalahannya.

Umumnya tanda-tanda atau gejala awal starter terjadi kerusakan yakni munculnya suara yang kasar di saat sobat menghidupkan mesin dengan cara di-starter, atau malahan tidak terdapat bunyi sama sekali waktu tombol starter dipencet atau ditekan.

Simak Juga: Fungsi Pilot Jet & Main Jet pada Sepeda Motor yang Perlu Diketahui

Apabila tombol starter ditekan tetapi motor starter tidak mau berputar dengan kata lain cuma diam saja, jadi besar kemungkinan disebabkan dengan aki motor yang telah alami lemah. Rusaknya pada system starter motor dapat disebabkan dengan empat komponen yaitu, baterai, rangkaian, relay starter serta pada bagian motor starter tersebut.

Tips Memperbaiki Starter Motor Rusak

Lantas, seperti apakah langkah atau cara mengatasinya? Nah, pada kesempatan ini kami akan memberikan sedikit tipsnya tentang cara memperbaiki starter motor rusak mudah & cepat yang sudah kami siapkan di bawah ini.

1. Periksa Baterai atau Aki

Baterai atau aki merupakan sektor utama dalam keberlangsungan kemampuan starter motor. Sektor ini adalah sumber tenaga sehingga starter bisa dihidupkan serta bekerja dengan normal yang menjadi pemicu hidupnya mesin motor. Jika pada saat starter motor ditekan sesudah kontak dihidupkan dan tidak merespon, kemungkinan terdapat permasalah atau kerusakan pada bagian dinamo starter. Maka dari itu, sebaiknya sobat check bagian baterai atau aki pada motor sobat.

Caranya yaitu dengan menggunakan alat avo meter atau multimeter. Alat ini berperan untuk mengetahui berapa besar tegangan baterai yang di-suplai. Apabila hasil tes power bateri memberikan angka 12 volt ke atas jadi keadaan baterai dapat disebutkan aman. Tetapi apabila angkat hasil tesnya dibawah 12 volt jadi dapat diibaratkan baterai alami permasalahan berbentuk keadaan baterai rusak atau system pengisiannya yang telah selanjutnya tingkat low.

2. Periksa Rangkaian Starter

Sesudah lakukan kontrol pada bagian baterai atau aki dan tidak terjadi masalah, peluang rusaknya pada starter motor yaitu disebabkan dengan rusaknya pada bagian rangkaian starter. Segara kerjakan pengecekkan selanjutnya rangkaian starer mulai dari komponen kabel yang tersambung oleh starter, socket ataupun tombol starter tersebut.

Lihat Juga: Cara Mengganti Minyak Rem Mobil dengan Mudah Tanpa Perlu ke Bengkel

Sobat bisa menggunakan alat multimeter untuk mengecek terdapat atau tidaknya arus listrik yang dialirkan oleh starter. Apabila ada kabel konektor yang putus, sobat dapat menyambungnya kembali atau sebaiknya sobat ganti dengan kabel yang baru. Apabila sektor tombol starter kotor serta berkarat, sobat dapat coba membersihkannya dengan menggosok memakai ampelas halus.

3. Periksa Relay Starter

Sektor relay ini merupakan saklar elektromagnetik yang menjadi konektor arus listrik dari sumber tenaga yang terkumpul dalam baterai atau aki motor yang dipicu oleh langkah menghimpit tombol starter. Untuk bisa lakukan penelusuran pada bagian ini, sobat bisa hubungkan dua kabel pada baterai yang bertanda plus (+) serta minus (-).

Saat kabel itu dikaitkan serta terdengar bunyi (cetak), maka baterai masih layak untuk digunakan. Tetapi sebaliknya, apabila tidak terdengar bunyi, maka baterai atau aki pada motor sobat mengalami masalah atau terjadi kerusakan sehingga harus diganti dengan yang baru.

4. Periksa Dinamo

Untuk cara yang terakhir yaitu mengecek bagian dinamo dari komponen starter motor. Cara pengecekan pada bagian ini merupakan dengan memakai alat multimeter dengan cara probe (+) dihubungkan pada bagian kabel yang tersambung oleh motor starter serta probe (-) lewat massa. Kemudian, cobalah nyalakan tombol starter sembari amati multimeternya apakah terdapat sinyal arus listrik yang mengalir atau tidak.

Starter motor bisa dikatakan mati jika tidak ada arus listrik waktu pengetesan tadi. Adapun rusaknya dapat disebabkan oleh sektor brush yang sudah aus atau sebab lainnya yakni kumparan yang terputus. Ganti brush lama dengan brush yang baru atau alihkan ke tukang servis dinamo jika kumparannya (spull) terputus.

Nah sobat LebahNdut, itulah sekelumit informasi tentang cara memperbaiki starter motor rusak mudah dan cepat yang dapat kami berikan untuk sobat. Semoga saja informasi yang kami berikan pada kesempatan kali ini bisa berguna dan juga bermanfaat untuk sobat ketika ingin memperbaiki starter motornya yang mengalami masalah atau kerusakan